Teori Tujuan Negara

Oleh : Nadila Martian

 

Teori tujuan negara adalah sebuah konsep yang mencoba menjelaskan tujuan dan fungsi negara dalam mengarahkan seluruh kegiatan aktivitas negara, menyusun, dan mengendalikan alat perlengkapan negara serta mengatur kehidupan rakyatnya. Berikut adalah beberapa teori tujuan negara yang dikemukakan oleh para ahli:

 

1. Teori Negara Polisi

Teori ini menyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan perlindungan kebebasan hak warganya.

 

2. Teori Kesejahteraan

Teori ini menyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk menyelenggarakan kesejahteraan dan kebahagiaan rakyatnya.

 

3. Teori Hegelian

Teori ini menyatakan bahwa tujuan negara adalah negara itu sendiri. Negara adalah roh atas bumi dan secara sadar merealisasikan dirinya disana dalam memahami ide.

 

4. Teori Lord Shang

Teori ini menyatakan bahwa tujuan utama dari negara adalah satu pemerintahan yang berkuasa penuh terhadap rakyat dengan jalan melemahkan dan membodohkan rakyat.

 

5. Teori Montesquieu

Teori ini menyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk melindungi dirinya dari segala ancaman dan menciptakan kehidupan aman dan sentosa.

 

6. Teori Epicurus

Teori ini menyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk mencapai perdamaian dunia dengan cara menciptakan undang-undang yang seragam bagi umat manusia.

 

Dalam perkembangannya, teori tujuan negara juga berkaitan dengan konsep-konsep lainnya, seperti fungsi negara, kekuasaan, dan otoritas. Namun, perlu diingat bahwa teori-teori ini bersifat relatif dan dapat berubah-ubah tergantung pada situasi dan kondisi yang ada.

 

Comments

Popular posts from this blog